Cara Sukses Seminar Proposal

Bagi hampir setiap orang yang dalam tahap penyelesaian skripsi, pasti pernah merasa gugup dan cemas dalam menghadapi seminar proposal skripsi. 

Prosedur seminar proposal pada setiap kampus ada beberapa perbedaan, baik dalam proses bimbingan, mendaftar seminar, hingga mengadakan seminar proposal tersebut. Namun pada intinya sama, disana kita akan meyakinkan para narasumber seberapa penting atau perlunya produk (jika membuat produk) atau penelitian tersebut dilakukan. Itu yang harus di pertahankan.

Nah berikut beberapa cara sukses seminar proposal skripsi:

  1. Berdoa, hal pertama yang harus kita lakukan adalah berdo'a, dan siapkan mental kita. (Seminar proposal ga semenegangkan itu ko..) Jadi rilex dan santai aja, semua bakal dilewati ko.
  2. Saya memang menyarankan rilex, tapi juga perlu mempersiapkan untuk seminar. Yang paling awal persiapan yaitu konfirmasi pada dosen yang akan menjadi narasumber (penguji dan pembimbing), apakah bisa hadir pada hari dan jam seminar proposal kita.
  3. Persiapkan Tempat dan segala hal kebutuhan seperti snack, ruangan yang rapi (sebenarnya ini tidak perlu jika anda memiliki panitia seminar).
  4. Persiapkan slide presentasi dengan baik, terserah anda mau menggunakan aplikasi apapun, tetapi isi slide harus poin-poin dari proposal anda.
  5. Persiapkan diri dengan menguasai materi, ini yang paling penting. Seminar proposal tidak semenyeramkan yang anda bayangkan, semua tergantung penguji. Tapi tetap tidak semenyeramkan yang kita bayangkan, biasanya yang dibahas penguji tata cara penulisan, apa yang akan kita buat atau penelitian apa, apakah kita siap melakukan penelitian tersebut, dan terakhir narasumber akan memberikan saran dan masukan kepada kita.
  6. Usahakan jawab semua pertanyaan narasumber dengan sopan dan keep smile. 
  7. Setelah seminar selesai, jangan lupa salam kepada para narasumber dan ucapkan terimakasih. Akan memberikan nilai tambah bagi kita.
Itu yang harus dilakukan, tapi ada yang harus tidak dilakukan? Ada.
Dalam seminar proposal, jangan meng-iya-kan semua saran narasumber, pertimbangkan dengan penelitian kita dan hal tersebut akan menyulitkan pada seminar skripsi nantinya. Semua saran narasumber akan ditagih ketika seminar skripsi. Itu beda pula ceritanya.
Setelah melewati seminar proposal, anda akan dihadapi dengan perjuang terakhir, yaitu sidang skripsi/munaqashah, silahkan baca Tips sukses sidang skripsi. Sekian cara sukses seminar proposal dari saya, semoga lancar seminar proposalnya ya. Semangat!
Semoga tulisan ini bermanfaat.


Share on Google Plus

About Admin SMK MUTU 2

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Saran dan Masukan yang baik dalam pengembangan Blog ini.